Surat Setoran Pajak atau SSP hilang

Apa prosedur jika SSP hilang?

Pertanyaan ini jarang ditanyakan tapi ada yang pernah mengalami kejadian seperti ini. Mimin juga pernah😀

Waktu mimin kehilangan SSP, hal yang pertama yang mimin lakukan adalah hubungi AR (Account Representative) dimana mimin terdaftar.  Solusi yang diberikan AR adalah lampirkan lembar ke-5 SSP lalu membuat surat pernyataan bahwa SSP lembar ke 3 hilang.

Nah ini kasus lain. Bagaimana bila SSP lembar ke-1 hilang?

Apabila SSP lembar ke-1 (satu) hilang, wajib pajak dapat melakukan langkah-langkah berikut ini, yaitu :

1. Wajib pajak mengajukan permohonan secara tertulis kepada KPP tempat wajib pajak terdaftar untuk mendapatkan copy SSP yang hilang.
2. Berdasarkan surat permohonan tersebut, KPP akan mencocokkan SSP lembar ke-3 yang dilaporkan wajib pajak bersamaan dengan SPT, dengan SSP lembar ke-2 yang berasal dari KPKPN melalui bank persepsi atau Kantor Pos dan Giro.
3. Jika antara lembar ke-2 dan ke-3 sudah cocok, maka lembar ke-2 atau ke-3 di foto copy, kemudian dilegalsiir oleh KPP setempat.
4. Copy dibuat dalam rangkap 2 (dua) yaitu :
  Lembar ke-1 : untuk arsip wajib pajak.
 

Lembar ke-2 : untuk KPP setempat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s